Basis Data Berorientasi Objek

Sabtu, 23 Februari 2013

Dalam situasi seperti apa basis data relasional cocok untuk diterapkan?
- Aplikasi-aplikasi basis data relasional diterapkan dalam lingkungan komersial, dengan mendukung tugas-tugas seperti pengolahan transaksi di bank-bank, pasar modal, penjualan dan reservasi untuk beragam bisnis, inventori dan penggajian untuk hampir semua perusahaan. Dan juga cocok untuk di terapkan pada saat melakukan KRS, Reservasi Hotel, Online Transaction Processing.

- Aplikasi-aplikasi baru yang saat ini berkembang adalah Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Sistem/DSS), Basis Data Spasial (Spatial Database), Basis Data untuk Multimedia (Multimedia Database), Basis Data Bergerak (Mobile Database), Sistem Pencarian Informasi (Information-Retrieval Sistem) yang berkaitan dengan dokumen, Sistem Informasi Terdistribusi (Distributed Information Sistem) dan World Wide Web.


Dalam situasi seperti apa basis data relasional tidak cocok untuk diterapkan? Mengapa?
- Basis data relasional obyek tidak cocok untuk aplikasi dengan data yang kompleks, obyek yang berelasi dengan obyek lainnya, dan procedural data. 

- Aplikasi-aplikasi yang tidak cocok untuk diterapkan adalah Computer-Aided Design (CAD), Computer-Aided Manufacturing (CAM), Computer-Aided Software Engineering (CASE), Office Information Systems (OIS), Multimedia Systems, Digital Publishing, Geographic Information Systems (GIS) dan Scientific and Medical Systems.


Cari kembali definisi konsep berikut dalam berorientasi obyek:
Abstraksi - Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.

Enkapsulasi - Proses pengakpsulan/pembungkusan implementasi detail dari suatu kelas. Maksudnya di sini semua objek yang kita definisikan / bisa juga informasi kita sembunyikan di dalam enkapsulasi tersebut agar tidak dapat dibaca oleh kelas lain yang tidak berhak membacanya. maksudnya secara lebih jelas agar memastikan agar object hanya dapat di ubah oleh object yang mendapat ijin untuk mengubahnya, bila tidak memiliki ijin maka tidak dapat mengubahnya atau membacanya.

Pewarisan merupakan salah satu bentuk penggunaan kembali perangkat lunak dimana suatu kelas baru dibuat dari kelas yang sudah ada dengan mengabsorbsi variavel dan fungsi dari kelas yang sudah ada tersebut, serta menambahkan atribut maupun perilaku yang baru. Kelas baru secara otomatis akan memiliki variabel dan fungsi yang dimiliki oleh kelas asal.

Penyembunyian Informasi (Informasi Hiding) - Merupakan teknik menyembunyikan detail informasi sebuah atribut atau method dalam sebuah kelas. Hal ini dilakukan agar informasi tersebut tidak dapat diakses dari luar kelas. Untuk melakukan teknik ini cukup dengan mengganti metode akses (modifer) dari public menjadi private saat pendeklarasian atribut atau method tersebut dilakukan.

Kelas - Kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Merupakan gambaran sekumpulan Objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, hubungan, dan makna yang sama.

Obyek - Membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.

Atribut - Data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya. Atribut menggambarkan data yang dapat memberikan informasi mengenai kelas atau objek dimana atribut tersebut berada.

Metode - Prosedur atau fungsi seperti yang terdapat dalam bahasa Pascal pada umumnya, tetapi cara kerjanya agak berlainan. Metode adalah subprogram yang tergabung dalam objek bersama-sama dengan atribut. Metode dipergunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut.

Pesan (message) - Message merupakan cara untuk berhubungan antara satu objek dengan objek lain. Suatu pesan dikirimkan oleh suatu objek kepada objek tertentu dapat digambarkan dengan anak panah.

Sub-Kelas - Class yang mewarisi method / metode.

Super-Kelas - Class yang mengandung anggota yang sama dari beberapa class lain.

Pewarisan - Merupakan konsep dalam pemrograman berorientasi objek yang memungkinkan untuk membuat suatu kelas dengan didasarkan pada kelas yang sudah ada sehingga mewarisi semua metode dan variabelnya atau teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya.

Overloading - Merupakan Suatu Function yang memiliki parameter , dan function tersebut dapat memiliki nama function yang sama dengan yang lainnya dengan syarat jumlah parameter mesti berbeda atau Situasi di mana beberapa rutin dalam sebuah program dapat mempunyai nama sama tetapi berbeda jenis parameter dan/utau jenis return value.

Overridding - Merupakan Suatu Keadaan Dimana kelas anak dapat mengubah atau bisa kita bilang memodifikasi atau memperluas data dan method pada kelas induk. Overriding dapat menambahkan sifat / atribut pada kelas induknya.

Polimorfisme - Kemampuan suatu obyek untuk mempunyai lebih dari satu bentuk. Polimorfisme tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin. Metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesan tersebut dikirim. Konsep yang menyatakan bahwa sesuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda.

Get This Comment Form

1 comment(s):

Anonim mengatakan...

[p]I would like [url=http://www.newcheapuggbootsau.co.uk]ugg boots australia[/url] to purchase a pair of chocolate boots from uggs boots any online site . bailey [url=http://www.uggbootsuk4outlet.co.uk]ugg boots uk online[/url] button ugg boots ansion control

Ugg boots thus had become famed across the globe . They are obtainable in a lot of distinctive [url=http://www.uggbootsukonlinsale.co.uk]cheap ugg boots sale[/url] shades, patterns and types . And yet, in fact, all of us experience rejection once in a while in at least one area of their [url=http://www.cheapuggboots4sale.co.uk]ugg boots sale uk[/url] lives . Unless you charged in NYC or [url=http://www.uggaustraliabootshotsale.co.uk]ugg australia sale[/url] Calif . You won't [url=http://www.uggbootsuk4outlet.co.uk]cheap ugg boots uk[/url] find blue, red, or purple men's shoes . There is no tapering [url=http://www.uggbootsuk4outlet.co.uk]ugg boots uk[/url] around the ankle or the calf, and the women wearing them appear to have stumpy half-camel-half-evil mutants for feet . Males, [url=http://www.uggaustraliabootshotsale.co.uk]ugg australia boots[/url] ugg boots can be found in therefore fairly neutral colors that are therefore nice elegant.[/p]

 
Copyright© 2010 Felisitas Brillianti | Semelekete Weleh Weleh | http://dr214ac.blogspot.com