Basis Data Relasional

Rabu, 20 Februari 2013

1. Faktor apa yang tidak dapat ditangani oleh Basisdata Relasional? Sehingga kita perlu basis data relasioanl obyek?
   - Basis data relasional obyek tidak cocok untuk aplikasi dengan data yang kompleks, obyek yang berelasi dengan obyek lainnya, dan procedural data.
  - Aplikasi-aplikasi yang tidak cocok untuk diterapkan adalah Computer-Aided Design (CAD), Computer-Aided Manufacturing (CAM), Computer-Aided Software Engineering (CASE), Office Information Systems (OIS), Multimedia Systems, Digital Publishing, Geographic Information Systems (GIS) dan Scientific and Medical Systems.

2. Apakah perbedaan BDRO dengan basis data relasional?
   - Basis Data relasional menggunakan tabel dua dimensi yang terdiri atas baris dan kolom untuk memberi gambaran sebuah berkas data. Satu tabel mewakili satu “domain” data atau entity, bila direkam merupakan satu file yang hanya memiliki satu tipe record saja, setiap record adalah baris. Setiap record terdiri atas beberapa field (atribut) atau tuple, atau kolom jumlah tuple / field pada setiap record sama. Setiap record memiliki atribut kunci utama (primary key) yang unik dan dapat dipakai untuk mengenali satu record. Record dapat diurutkan menurut primary key.
  - Basis Data Berorientasi Objek atau BDBO memadukan konsep basis data relasional dengan konsep object oriented. Model data berbasis objek dikembangkan searah dengan perkembangan pemrograman berbasis objek. Salah satu karakteristik dari sistem berbasis objek adalah encapsulation yaitu suatu objek terpisah dari objek lain sehingga setiap objek seakan-akan berada dalam kapsulnya masing-masing. Pada setiap kapsul terdapat komponen data (attribute) dikemas bersama dengan komponen akses-nya (methods). Sebagai contoh, berikut ini disajikan data pegawai dalam format berbasis objek.

3. Sebutkan contoh terapan / implementasi BDRO?
   - Oracle 9i
   - Odaptor
   - UniSQL
   - ODB-II
   - Illustra

Get This Comment Form

0 comment(s):

 
Copyright© 2010 Felisitas Brillianti | Semelekete Weleh Weleh | http://dr214ac.blogspot.com